"/> JASA KONSULTAN ISO FOOD SAFETY | Tahapan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan ~ Konsultan Manajemen Bisnis dan Consultant ISO

JASA KONSULTAN ISO FOOD SAFETY | Tahapan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Tahapan Penerapan 
Sistem Manajemen Keamanan Pangan

Apa Tahapan Penerapan Sistem Manajemen Keamanan Pangan itu ?

Para Pelaku Bisnis yang dimana industrinya menghasilkan produk pangan untuk mahkluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan), alangkah lebih baik perlu diketahui mengenai tahapan dan jenis dari Sistem Manajemen Kemanan Pangan itu agar lebih tepat di dalam penerapannya di dalam operasional Perusahaan.

Ada tahapan di dalam penerapan Sistem Manajemen Kemanan Pangan, diantaranya :
  1. Langkah Pertama – Penerapan GMP (Good Manufacturing Paractice) disertai konsep Layout yang baik dan benar
  2. Langkah Kedua – Penerapan PRP (Pre Requesite Programme) dan OPRP (Operational Pre Requesite Programme) yang disertai konsep SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure)
  3. Langkah Ketiga – Penerapan HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point)
  4. Langkah Keempat – Penerapan ISO 22000 (Sistem Manajemen Kemanan Pangan)
  5. Langkah Kelima – Penerapan FSSC 22000 (Food Safety System Certification 22000) 


Dari 5 langkah diatas, maka masing-masing dapat dijelaskan bahwa Pelaku Bisnis dapat menerapkannnya sesuai kebutuhan. Namun langkah 1 (satu) - GMP dan 2 (dua) - PRP/ OPRP/ SSOP merupakan WAJIB dipenuhi, Minimal Pelaku Bisnis dapat menerapkannya sampai langkah 3 (Tiga) - HACCP. 

Untuk langkah 4 (empat) - ISO 22000 dan langkah 5 (lima) - FSSC 22000 tergantung kebutuhannya dan persyaratannya. Semakin tinggi tahapan maka akan semakin banyak persyaratannya yang dimana disesuaikan dengan aturan setempat dan juga Internasional, diperuntukkan untuk menciptakan sistem keamanan pangan yang lebih ketat di dalam menghasilkan suatu produk dengan memperhitungkan dan menerapkan Manajemen Resiko, yang berdampak efisiensi dan kemudahan/ peningkatan penjualan.

Untuk Konsultasi lebih lanjut mengenai sistem manajemen keamanan pangan silahkan hubungi : 021-2930 5166, HP/WA. 0812 9311 1959

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Client Kami

Aplikasi Aryasentra

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Label