"/> ISO 9001:2015 - Jasa Konsultan ISO 9001 | MONEYBACK GUARANTEE ~ Konsultan Manajemen Bisnis dan Consultant ISO

ISO 9001:2015 - Jasa Konsultan ISO 9001 | MONEYBACK GUARANTEE

ISO 9001:2015 - Sistem Manajemen Mutu Kepuasan Pelanggan

Apa Perubahan ISO 9001 dari Versi 2008 menjadi Versi 2015 ?

Sistem manajemen  ISO 9001 ( Quality Management System) adalah system manajemen standard internasional untuk sistem penjaminan mutu yang berfokus pada kepuasan pelangan, dimana sistem manajemen ISO 9001 merupakan mekanisme standar yang disusun, disepakati, dan diterapkan oleh suatu organisasi / perusahaan dalam menjalankan aktivitas organisasi dan kegiatan bisnis perusahaan. Sistem manajemen ISO 9001 secara jelas menggambarkan bagaimana suatu organisasi / perusahaan beroperasi, Bagaimana perkerjaan mengalir dari satu aktifitas ke aktifitas lain, Penanganan pekerjaan mulai input – proses sampai output terinci dan tersusun jelas dalam standard sistem ISO 9001 guna memenuhi prasayarat kualitas yang telah di tentukan dan disepakati .

Berdasarkan informasi dan Standard yang ditetapkan, saat ini ISO 9001:2015 mengacu pada aturan High-Level Structure (HLS) seperti Standard ISO lainnya.  Sebagai contoh Standard ISO yang mengacu  High-Level Structure (HLS)  ini adalah ISO 22000:2018, ISO 14001:2015, ISO 45001:2018 dan lain sebagainya. Dalam pembahasan mengenai klausul ISO, dinyatakan secara Internasional bahwa  ISO 9001:2015 berubah menjadi 10 klausul yang dimana versi tahun 2008 berjumlah 8 klausul. Untuk kemudahan di dalam pengertiannya akan perubahan atau penambahan Klausul terkait, maka berikut kami uraikan format perubahannya :

Klausul ISO 9001:2008

1. Ruang Lingkup
2. Referensi Normatif
3. Istilah dan Definisi
4. Sistem Manajemen Mutu
5. Tanggung Jawab Manajemen
6. Manajemen Sumber Daya
7. Perencanan dan Realisasi Produk Aman
8. Pengukuran, Analisa dan Peningkatan

Sedangkan Upgrade / perubahannya ISO 9001 :2015

1. Ruang Lingkup
2. Referensi Normatif
3. Istilah dan Definisi
4. Konteks Organisasi
5. Kepemimpinan
6. Perencanaan untuk Sistem Manajemen Mutu
7. Pendukung
8. Operasional 
9. Pemantauan, Pengukuran, Analisa dan Evaluasi
10. Perbaikan

Sebagai penjabaran diatas mengenai perubahan Versi tahun 2008 menjadi 2015 yang disertai akan penambahan Klausul, maka dapat Kami simpulkan dalam versi terbaru ini, ada penekanan di dalam penerapannya untuk lebih aman dan akurat di dalam operasionalnya, diantaranya adalah : 
  1. Manajemen Resiko menjadi pondasi (mengidentifikasi, menentukan dan meminimalisir akan Resiko dari keseluruhan proses yang berasal dari faktor Internal maupun Eksternal)
  2. Pemenuhan dalam menentukan identifikasi atas tuntutan pihak Kepentingan/ Pihak III serta memahami terhadap faktor-faktor yang menjadi peluang potensi Resiko
  3. Leadership – Kepemimpinan (tidak mewajibkan adanya Management Representative, namun Top Management ikut terlibat di dalamnya)
  4. Tidak ada pengecualian Klausul / Persyaratan dalam versi 2015 ini
  5. Istilah Produk / Jasa dipisahkan dalam versi 2015 ini, sehingga lebih terperinci mengenai “produk” dan “jasa”  atau memilih salah satu sesuai bisnisnya
  6. Penekanan akan komunikasi Internal dan Eksternal harus lebih detail dan terperinci
  7. Penekanan yang harus dilaksanakan Manajemen untuk pemenuhan didalam memfasilitasi  para karyawan untuk pemahaman dan penerapan Sistem 
  8. Persyaratan Pelanggan diperlukan pemantauan dan verifikasi untuk Kepuasan Pelanggan
  9. Penekanan terhadap kontroling terhadap jasa dan barang dari pihak Eksternal (Supplier)
  10. Perbaikan terus menerus terhadap konsep PDCA (Plan-Do-Check-Action) 
  11. Segala informasi harus terdokumentasi secara detail dan terperinci

Kami Jasa Konsultan ISO 9001 yang memberikan JAMINAN KELULUSAN & MONEYBACK GUARANTEE yang tertuang dalam kontrak kerja, Untuk konsultasi dan training silahkan  hubungi kami Telp. : 021- 2930 5166 ( Hunting ) dan HP. 0812 9311 1959


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Client Kami

Aplikasi Aryasentra

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Label