"/> CSMS Contractor Safety Management System ( CSMS ) dan Kesehatan dan keselamatan kerja lindung lingkungan (K3LL ) | JASA KONSULTAN CSMS ~ Konsultan Manajemen Bisnis dan Consultant ISO

CSMS Contractor Safety Management System ( CSMS ) dan Kesehatan dan keselamatan kerja lindung lingkungan (K3LL ) | JASA KONSULTAN CSMS

CSMS Contractor Safety Management System ( CSMS )  dan Kesehatan dan keselamatan kerja lindung lingkungan (K3LL )

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap para pekerja di Indonesia khususnya pekerja yang mempunyai potensi bahaya yang sangat besar seperti di sektor industry, pertambangan, Oil & Gas, kontraktor, ME, dll,  beberapa tahun terahir pemerintah aktif mengkampanyekan tentang kesadaran akan arti penting system manajemen kesehatan dan keselamatan kerja ( SMK3 )  bahkan demi tercapainya tujuan yang diharapkan oleh pemerintah terhadap SMK3 ini pada tahun 2012 kemarin pemerintah mengeluarkan  PP no. 50 yang mengatur implementasi SMK3. Dengan keluarnya PP ini mendorong para pelaku industri dan jasa untuk sadar akan arti penting SMK3. Bahkan pada sektor pertambangan, Oil & Gas mewajibkan semua mintra kerjanya untuk mempunyai persyaratan minimal yaitu yang biasa disebut dengan CSMS ( Contractor Safety Management System ) atau system K3LL ( kesehatan dan keselamatan kerja lindung lingkungan ). Dokumen CSMS / K3LL ini wajib untuk perusahaan yang ingin menjadi mitra  kerja di sektor tersebut diatas. Pada prinsipnya Dokumen CSMS / K3LL mengacu pada system HSE ( system kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan atau OHSAS 18001 & ISO 14001 ) dimana prosedur-prosedur inti yang ada dalam system HSE tersebut diambil sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan K3 masing-masing perusahaan yang mempersyaratkan CSMS / K3LL kepada mitra kerjanya, oleh karnanya pertanyaan dalam dokumen CSMS / K3LL ini berbeda-beda namun tetap mengacu pada system HSE. Berikut point-point yang dipertanyakan dalam dokumen CSMS / K3LL atau isi dokumen CSMS / K3LL, dari pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam CSMS / K3LL ini calon mitra kerja / vendor diminta untuk mengisinya sebagai syarat masuk dalam prakualifikasi HSE. Dan berikut Poin-point umum yang ada dalam dokumen CSMS / K3LL diantarnya sbb:

A.    KEBIJAKAN, KEPEMIMPINAN DAN ORGANISASI
Dalam poin ini perusahaan harus mengisi tentang kebijakan K3LL, peraturan internal K3LL, bagaimana system pengelolaan K3LL dan bahkan ada beberapa perusahaan yang meminta tentang tenaga ahli K3/ sertifikat kopetensi sesuai dengan bidang pekerjaan.

B.   PROGRAM, STANDAR, PENANGANAN BAHAYA DAN DAMPAK
Scope dalam point ini biasanya berisi mengenai program K3LL, list client pekerjaan, cara penanganan dan identifikasi bahaya, identifikasi Resiko, prosedur K3LL dan cara penanganan limbah, daftar peralatan, system pemantauan K3LL, dll

C.    IMPLEMENTASI DAN PEMANTAUAN KINERJA
      Dalam point ini  berisi daftar kecelakaan yang terjadi ( baik ada kecelakaan atau tidak harus di tulis ) dan dibuat statistiknya (Safety Performance ) serta pelaporan  K3LL serta dipertanyakan apakan hasil investigasi didokumentasikan atau tidak.

D.   PELATIHAN
Point ini mempertanyakan ada tidaknya matrik pelatihan K3LL khususnya untuk pengawas system K3LL, ketrampilan pekerja yang dibuktikan dengan sertifikat dan sosialisasi /pengenalan system K3LL terhadap para pekerja khususnya pekerja baru

E.   TANGGAP DARURAT
   Dalam point ini diminta untuk menyediakan prosedur keadaan darurat, program penangulangan keadaan darurat dan dipertanyakan pula apakah tim penanggulangan  tanggap darurat memiliki kopetensi atau tidak.

F.   Inspeksi / Audit
    Pendokumentasian dan pelaksanaan system K3LL serta tindak lanjut pemeriksaan peralatan kerja di lakukan atau tidak serta pelaksanaan audit jalan atau tidak dan bagaimana proses tindak lanjut hasil auditnya.
     
Seperti itulah kurang lebih ruang lingkup / poin-point yang dipertanyakan dalam dokumen CSMS / K3LL, namun poin-poin diatas hanyalah contoh sebagian pertanyaan CSMS/K3LL, karna sekali lagi perlu di ketahui bahwa pertanyaan – pertanyaan dalam CSMS / K3LL itu masing – masing perusahaan berbeda karna akan disesuaikan dengan kebijakan K3LL masing – masing perusahaan yang mempersyaratkan CSMS / K3LL.  Dari pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam document CSMS / K3LL itu nanti akan dinilai score/ nilainya dan dari total nilai CSMS / K3LL itu akan menjadi penentu apakan perusahaan bapak/ibu lolos prakualifikasi ini atau tidak. Jika scorenya sesuai dengan standar minimal yang ditetapkan oleh perusahaan maka perusahaan anda akan lulus dan mendapatkan surat keterangan/ sertifikat CSMS / K3LL dari perusahaan terkait dan perusahaan bapak /ibu berhak mengikuti setiap tender yang ada dalam perusahaan tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Persyaratan Score / nilai ini terbagi menjadi 3 macam yaitu untuk pekerjaan low risk ( biasanya scorenya diatas 50) , pekerjaan Midle Risk ( biasanya mempersayaratkan scorenya diatas 65 ) dan pekerjaan High Risk ( biasanya syarat scorenya di atas 80 ).


Demikian ringkasan singkat mengenai dokumen CSMS / K3LL ini, Apabila dari bapak/ibu sekalian membutuhkan jasa konsultan untuk menyusun system HSE atau kesulitan dalam menjawab pertanyaan CSMS / K3LL ini, jangan khawatir kapanpun bapak / ibu membutuhkan kami siap membantu perusahaan dalam menyusun dokumen CSMS / K3LL  serta menjawab pertanyaan yang ada dalam dokumen CSMS / K3LL ini dengan biaya yang terjangkau dan waktu yang sangat fleksible sesuai kebutuhan bapak / ibu sekalian.  Segera hubungi kami, team marketing kami akan siap melayani dengan ramah dan team konsultan kami akan siap membantu bapak / ibu mengenai system HSE dan dokumen CSMS / K3LL ini.

ARYA SENTRA CONSULTING
Telp. : 021- 2930 5166 ( Hunting )
HP. 0812 9311 1959
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Client Kami

Aplikasi Aryasentra

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Label