"/> ISO 21001:2018 - Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan ~ Konsultan Manajemen Bisnis dan Consultant ISO

ISO 21001:2018 - Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

 ISO 21001:2018 - Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

Sekilas Tentang ISO 21001:2018 - Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

ISO 21001:2018 merupakan Manajemen Sistem Organisasi Pendidikan yang fokus pada interaksi langsung dengan tenaga pengajar, peserta didik serta pihak terkait lainnya. Sistem Manajemen ini berdiri sendiri yang di dasari oleh ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) tetapi juga diselaraskan dengan Sistem Manajemen ISO lainnya dengan penerapan struktur yang lebih tinggi (High Level Structure ISO).

Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan, ISO 21001 mulai dikenalkan ke publik pada Mei 2018. Sistem manajemen ini menjadi standar dalam pemberian tuntunan atau petunjuk mengenai tata cara pemberian pelayanan dengan kualitas yang baik didalam dunia pendidikan yang sifat nya dinamis, sehingga pendidikan yang harus diberikan untuk peserta didik pun harus selaras dengan perubahan yang ada agar metode yang diterapkan tidak tertinggal dengan ilmu pengetahuan baru. ISO 21001 bermaksud untuk memberikan kepuasan pada para peserta didik serta pihak yang terkait lainnya melalui penerapan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan yang efektif serta efisien dan perbaikan pada sistem pendidikannya.

Apa itu ISO 21001:2018 ?

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan kata ISO 21001:2018, ISO 21001:2018 merupakan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan yang dapat difungsikan sebagai alat manajemen mengenai persyaratan - persyaratan dan memiliki tujuan untuk membantu lembaga pendidikan dalam menetapkan kebijakan serta prosedur apa saja yang diperlukan, serta memastikan bahwa tenaga pengajar, peserta didik, pelanggan serta pihak yang terkait lainnya dalam mencapai target yang harus dicapai. Dalam hal ini diperlukan interaksi yang baik antara berbagai pihak dengan lembaga pendidikan guna meningkatkan kualitas pendidikan yang baik dan berhasil untuk semua pihak yang terlibat.

Kepada siapa standar ini berlaku ?

ISO 21001:2018, Sistem Manajemen yang berfokus pada lembaga atau organisasi pendidikan. Sistem manajemen pendidikan ini dapat digunakan mulai dari lembaga atau organisasi pendidikan Taman Kanak-kanan (TK), Pendidikan Formal maupun pendidikan informal sampai pada tingkat Universitas.

ISO 21001: 2018, Sistem Manajemen Organisasi memiliki persyaratan yang bersifat umum untuk semua lembaga atau organisasi pendidikan yang menyediakan serta memfasilitasi proses pendidikan untuk semua peserta didik melalui pengajaran dan pelatihan.

Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan penentukan persyaratan ketika suatu lembaga atau organisasi:

l  Dapat menunjukan kemampuannya secara konsisten menyediakan, membagi serta memfasilitasi konstruksi pengetahuan pada peserta didik yang sesuai dengan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku

l  Memiliki tujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta didik, pelanggan dan pihak lainnya melalui penerapan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan yang efektif termasuk proses untuk perbaikan sistem pendidikan.

 

Manfaat apa yang bisa diberikan ketika menerapkan  ISO 21001 : 2018?

Dalam penerapannya, lembaga atau organisasi pendidikan akan merasakan manfaat dalam melakukan proses pembelajaran, para pengajar akan mendapatkan pengalaman mengajar yang lebih berdampak kepada para pelajar serta prosesnya selaras dengan visi dan misi lembaga atau organisasi pendidikan. Tidak hanya itu banyak manfaat yang ditawarkan dalam penerapan ISO 21001 : 2018

1)        Menyelaraskan kegiatan pembelajaran dengan visi dan misi organisasi pendidikan

2)        Meningkatkan kreditabilis organisasi pendidikan

3)     Sebagai alat untuk mengukur proses serta evaluasi guna meningkatkan efektifitas serta efesiensi proses pendidikan.

4)    Meningkatkan rasa tanggung jawab sosial dengan menghadirkan pendidikan yang berkualitas, inklusif dan merata untuk semua pelajar.

5)        Sarana perbaikan, untuk sistem pendidikan yang lebih baik lagi.

 

Manfaat dari penerapan ISO 21001 : 2018 juga dapat dirasakan secara bisnis, seperti:

1.   Meningkatkan kepercayaan masyarakat luas maupun pihak lainnya, karena lembaga atau oerganisasi pendidikan memiliki standar mutu pendidikan yang baik dan diakui secara internasional

2.    Meningkatkan daya saing dan kualitas pendidikan karena Sistem Manajemen Pendidikan ini menerapkan praktik terbaik dalam industri pendidikan yang diakui secara internasional

3.    Meningkatkan kepuasan peserta didik, serta manfaat lainnya yang dapat berpengaruh pada reputasi peserta didik.

Setelah lembaga atau organisasi pendidikan sudah memenuhi semua klausul dalam Standar ISO 21001, maka lembaga pendidikan dapat menjadikan standar tersebut sebagai pedoman komunikasi yang baik dengan pihak yang berkepentingan, menjadikan ISO 21001 sebagai proses, pengambilan tindakan serta alat untuk lembaga atau organisasi pendidikan dengan mempertimbangankan kesehatan dan keselamatan organisasi pendidikan. Sehingga lembaga atau organisasi pendidikan dapat menyediakan serta memberikan produk serta layanan pendidikan yang diharapkan semua pihak yang berkepentingan dengan memenuhi persyaratan yang berlaku. 


 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Client Kami

Aplikasi Aryasentra

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Label