"/> JASA KONSULTAN ISO 14001 BERGARANSI ~ Konsultan Manajemen Bisnis dan Consultant ISO

JASA KONSULTAN ISO 14001 BERGARANSI

ISO 14001 - Sistem Manajemen Lingkungan

 

Apakah ISO 14001 itu ? 

 

ISO 14001 adalah standar sistem yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen pengelolaan lingkungan. ISO 14001 ini mengatur kontrol untuk kegiatan-kegiatan dalam proses bisnis perusahaan yang memiliki dampak terhadap lingkungan yang meliputi penggunaan sumber daya alam , penanganan dan pengolahan limbah dan konsumsi energi. 

Apakah yang dimaksud dengan Sistem Manajemen Lingkungan (EMS) ?

 Sistem manajemen lingkungan ( EMS ) adalah struktur elemen terhubung yang menentukan bagaimana sebuah organisasi mengelola dampak lingkungan. Unsur-unsur ini meliputi kebijakan , struktur organisasi , prosedur , tujuan dan sasaran , dan proses yang telah ditentukan . 

Apa Manfaat penerapan ISO 14001? 

Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan merupakan cara yang sistematis untuk sistem pengendalian dari proses bisnis perusahaan yang bisa berdampak pada lingkungan. Dengan menerapkan ISO14001 maka banyak manfaat yang bisa diambil, diantarnya :1. Jaminan terhadap perlindungan lingkungan2. system tata kelola lingkungan yang lebih baik3. Meningkatkan citra dan image perusahaan serta meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan masyarakat sekitar4. Kepercayaan dan kepuasan pelanggan5. Menekan resiko yang membahayakan lingkungan dan pekerja, dll

Langkah – langkah apa yang dilakukan  sebelum menerapkan  sistem ISO 14001?

Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengevaluasi pengaruh proses bisnis perusahaan terhadap lingkungan, kemudian memprioritaskan cara mengurangi dampak tersebut. Selanjutnya, mengidentifikasi batas-batas sistem manajemen dan menyusun dokumen prosedur sesuai persyaratan ISO 14001. 

Apakah sistem manajemen ISO14001 bisa diintegrasikan dengan sistem ISO 9001?

Sangat bisa. Karna ISO 14001 adalah sistem manajemen yang dinamis, dimana dapat di integrasikan bersama system manajemen mutu ISO 9001, OHSAS 18001 dan dapat disesuaikan dengan perubahan organisasi dan industri, perubahan peraturan / perundangan yang berlaku maupun perubahan ilmu dan teknologi. 


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Client Kami

Aplikasi Aryasentra

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Label