"/> Langkah mudah pembenahan sistem manajemen ~ Konsultan Manajemen Bisnis dan Consultant ISO

Langkah mudah pembenahan sistem manajemen

Cara dan langkah mudah memperbaiki sistem manajemen perusahaan

  

Dalam pembenahan atau perbaikan sistem manajemen ada hal-hal yang harus dianalisis agar sistem dapat berjalan dengan efektif. Diantaranya adalah :
  1. Meninjau kembali proses bisnis perusahaan
  2. Meninjau kembali struktur organisasi perusahaan
  3. Meninjau kembali sarana dan prasarana di lapangan
  4. Meninjau kembali kefektifan sistem yang sudah berjalan di dalam perusahaan
  5. Meninjau kembali komitmen dari pimpinan perusahaan
Terkadang banyak perusahaan yang merasa sistem dalam internalnya kurang atau tidak efektif dalam menjalani roda perusahaannya. Kelima hal diatas sangat diperlukan sehingga dapat disesuaikan dan dijalankan dengan baik di lapangan.

Langkah apa yang harus dilakukan ?

Dalam perbaikan sistem manajemen, langkah yang sebaiknya dilakukan antara lain :

1. Meninjau Bisnis Proses Perusahaan
Bisnis Proses merupakan unsur utama dalam memperbaiki sistem manajemen, hal ini dipelukan  guna mengetahui pola bisnis perusahaan dengan baik serta mengetahui proses bisnis yang benar dari mulai input-proses sampai output, Bisnis proses merupakan kejelasan alur proses dari sebuah kegiatan organisasi / perusahaan mulai dari hulu sampai ke hilir. Bisnis Proses ini nantinya akan menentukan jumlah fungsi serta bagian yang ada dalam struktur organisasi, Pada intinya Bisnis Proses harus jelas yang dimana akan mempermudah manajemen dalam mengendalikan dan memonitoring setiap proses yang berjalan dan juga akan mempermudah karyawan dalam menjalani aktifitas bisnis perusahaan.

2. Meninjau Struktur Organisasi Perusahaan
Setelah Bisnis Proses sudah di buat secara benar maka selanjutnya adalah mereview ulang struktur organisasi yang ada, hal ini sangat penting karna struktur organisasi merupakan hal yang berkesinambungan dengan bisnis proses. Struktur organisasi yang ideal adalah struktur organisasi yang dibuat berdasarkan bisnis proses yang ada bukan struktur organisasi yang dibuat asal-asalan. Struktur organisasi wajib disusun ulang sesuai dengan bisnis proses agar ada kejelasan bagian/ fungsi , kewenangan, tugas dan tanggungjawab sehingga pelaksanaan pekerjaan tidak tumpang tindih serta  segala bentuk aktifitas akan mudah di control dan dikendalikan. Struktur organisasi ini sangat menentukan suksesnya implementasi sebuah sistem, salah satu contohnya adalah sistem SOP, karna SOP yang baik adalah SOP yang dibuat berdasarkan struktur organisasi yang sudah fix dan final, Karna dengan adanya struktur organisasi yang baik maka kejelasan terhadap fungsi wewenang dan tanggungjawab dimasing-masing proses dan bagian  itu jelas.

3. Meninjau Sarana dan Prasarana Perusahaan
Sarana dan prasarana perusahaan sangat diperlukan dalam memperbaiki sistem manajemen perusahaan, Hal ini diperlukan sebagai penunjang dalam menjalankan suatu sistem manajemen sehingga dapat efektif dan efisien. Apabila  sarana dan prasarana kurang memadai maka akan mengakibatkan sistem tidak akan berjalan dengan optimal bahkan terkendala di lapangan. Untuk itu diperlukan tinjauan terhadap sarana dan prasarana sehingga dapat optimal dengan baik di internal perusahaan.

 4. Meninjau kembali kefektifan sistem yang sudah berjalan di dalam perusahaan
Review kembali sistem yang sudah berjalan, apakah sistem yang dijalankan selama ini efektif atau tidak,  Dalam hal membangun sistem manajemen perlu diingat hal yang paling utama adalah Implementasi di lapangan bukan mengesampingkan perlunya sistem sehingga sangat diperlukan pencocokan jenis sistem manajemen yang seperti apa yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi perusahaan, gaya kepimpinan manajemen serta kondisi kemampuan karyawannya dalam menjalankannya.

5. Meninjau kembali komitmen dari pimpinan perusahaan
Meninjau ulang komitmen manajemen sangatlah penting karna sebagus apapun sistem yang dibuat tanpa ada komitmen yang baik dari manajemen maka semuanya akan sia-sia. Hal ini diperlukan karena segala sesuatu bersumber dari komitmen pimpinan di dalam menjalani roda perusahaan. Kenyamanan para karyawan, sistem, sarana parasarana dan lain-lain merupakan bentuk aktualisasi dari komitmen pimpinan perusahaan. Segalanya tidak dapat optimal apabila tidak disertai atau didukung komitmen yang baik dan kuat dari pimpinan / manajemen dalam menjalani roda perusahaan. Oleh karena itu pentingnya komitmen pimpinan merupakan puncak puncuk dalam membawa perusahaan ke arah yang ditentukan. Diperlukan peninjauaun karena akan mempengaruhi dalam sistem manajemen maupun yang lainnya dalam penerapannya yang dimana berpengaruh pada sumber daya yang dimiliki.Semoga Bermanfaat!!

Jika perusahaan bapak ibu membutuhkan jasa konsultan manajemen bisnis untuk membantu  dalam pembenahan sistem manajemen yang rapi dan baik diperusahaan bapak/ibu, silahkan hubungi Aryasentra Consultant sebagai konsultan yang berpengalaman dalam perbaikan sistem manajemen di semua bidang usaha, di nomor telp. 021-29305166, hp. 081293111959
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Client Kami

Aplikasi Aryasentra

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Label