ANALISA JABATAN
(Melalui Job Evaluation & Job Grading)
Pekerja atau karyawan yang memiliki
produktivitas dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan merupakan
dambaan setiap perusahaan. Produktivitas dan loyalitas yang tinggi sangat
dipengaruhi oleh jabatan seorang karyawan. Salah satu titik kritis dan
strategis adalah analisis jabatan. Merumuskan jabatan secara akurat adalah
salah satu unsur penting dalam pengembangan organisasi di suatu perusahaan.
Makna jabatan bagi suatu perusahaan perlu ditentukan untuk melihat
keterkaitannya dengan lingkup kerja, bobot kerja, kompetensi yang dibutuhkan untuk
dapat berkinerja secara optimal di dalam suatu jabatan.
Filosofi yang
ada di belakang penilaian jabatan di suatu perusahaan akan sangat menentukan
format jabatan seperti apa yang akan digunakan. Penilaian jabatan menjadi
faktor yang dapat membantu organisasi dalam menentukan sistem ke-HRD an
terutama sistem pengupahan yang akan diterapkan. Sistem penilaian bobot kerja
dapat memberikan justifikasi yang adil pada saat memberikan penghargaan berupa
gaji dan fasilitas bagi karyawan. Pelatihan ini akan dimulai dengan pembahasan
konsep mengenai jabatan dan kaitannya dengan desain organisasi, sebelum masuk
pada salah satu fungsi Analisis Jabatan, yaitu untuk pemberian bobot dan
pengembangan sistem grading dan kompensasi.
Karena demikian strategisnya analisa jabatan, maka diperlukan
suatu kegiatan pembelajaran yang memberikan pemahaman kepada para praktisi HR atau
OD yang akan membantu mereka dalam menganalisis jabatan secara komprehensif,
tahap demi tahap, mulai dari persiapan sampai penyusunan job grading & salary structure sehingga layak untuk konsumsi
user department.
Tujuan Pelatihan :
Pelatihan ini akan membahas mengenai Analisa
Jabatan yang diselenggarakan selama 2 hari. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan
peserta pelatihan mampu menjadi HRD atau OD yang baik, sehingga bisa melakukan
analisis jabatan di perusahaan dengan baik. Dengan adanya analisa jabatan maka
pemberian bobot dan pengembangan sistem grading dan
kompensasi akan sesuai dengan
azas internal equity.
Manfaat Pelatihan/ Training Analisa Jabatan
- Mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep Analisis Jabatan
- Mampu melakukan Analisis Jabatan
- Mampu mengembangkan sistem Analisis Jabatan yang baik di perusahaan
- Dapat menilai bobot kerja dari jabatan yang ada dalam organisasi
- Dapat menjadi dasar dalam pembuatan sistem penggolongan dan jabatan
- Dapat menjadi dasar dalam penilaian sistem remunerasi
Metode Pelatihan/ Training Analisa Jabatan
1.
Presentasi
2.
Diskusi Konsultatif
3.
Sharing Pengalaman
4.
Praktek
dan Simulasi Penyusunan Job Description,
Job Specification, Simulasi Wawancara Evaluasi Jabatan, Praktek Evaluasi
Jabatan, Praktek Penyusunan Job Grading
& Salary Structure.
Trainer / Pengajar dalam Pelatihan/ Training Analisa Jabatan
Aryasentra Consulting didukung tenaga ahli berpengalaman diberbagai bidang khususnya dalam bidang HR manajemen , pengajar / trainer dalam training / Pelatihan Analisa Jabatan ini terdaftar sebagai
Asesor Kompetensi LSP IKI – BNSP dan juga merupakan Trainer dan
Konsultan yang terdaftar sebagai Master Trainer yang bersertifikasi BNSP.
Untuk informasi Pelatihan/ Training Analisa Jabatan hub. :
Aryasentra Consulting
Telp. 021-29305166, HP.0812 9311 1959